9 warna urine yang menandakan kesehatan anda

Warna urine menandakan kesehatan anda


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kembali lagi bersama kami di Informasibermanfaat123 yang membahas semua informasi yang bermutu dan terpercaya. Di episode kali ini kami akan berbagi informasi tentang ciri-ciri urine sehat dan tidak sehat.

Tubuh manusia menghasilkan dua jenis kotoran atau limbah, yaitu urine dan feses. Urin atau yang biasa disebut air seni atau air kencing, merupakan limbah terbentuk di ginjal sebagai hasil dari proses penyaringan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, sementara zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh akan kembali dialirkan ke dalam darah, proses ini dinamakan reabsorption. Namun terkadang beberapa zat-zat yang berguna seperti protein sel darah merah dan sejumlah produk zat lainnya diekskresikan melalui urine sehingga warna air seni kita berbeda dari biasanya, ini tentu bukanlah kondisi yang normal,warna urine  merupakan indikator kesehatan tubuh yang mudah dilihat, selain itu bau dan konsistensi urine juga bisa menjadi tolak ukur apakah kesehatan anda Normal atau Tidak, bahkan paramedis kerap menggunakan tes urine untuk mendiagnosis kesehatan seseorang. Oleh sebab itu anda perlu memiliki pengetahuan terkait perubahan warna urine sehingga anda bisa mendeteksi status kesehatan anda sendiri.

Add caption

Berikut beberapa warna urine yang berperan dalam menentukan kondisi kesehatan seseorang.

1. Bening : Urin yang berwarna bening biasanya merupakan tanda bahwa tubuh anda terhidrasi dengan baik alias cukup cairan namun dalam beberapa kasus hal itu menandakan bahwa anda mungkin terlalu banyak minum dan berpotensi dapat mengalami keracunan air.
2. kuning cerah : Urine berwarna kuning cerah adalah urine yang asupan airnya sangat cukup atau normal dan asupan minuman anda mencukupi kapasitas yang dibutuhkan oleh tubuh anda sendiri.
3. Kuning pucat atau warna madu : Urine yang sehat umumnya berwarna kuning pucat atau seperti warna madu, namun jika warnanya kuning kegelapan berarti anda kurang minum air putih, ketika air seni menjadi lebih terkonsentrasi ini biasanya disertai dengan bau yang menyengat.
4. Coklat : Urine berwarna coklat biasa menjadi gejala masalah kesehatan tertentu, orang dengan penyakit liver biasanya memiliki urine berwarna coklat, jika hati anda tidak bekerja dengan baik, garam empedu yang seharusnya dibuang melalui feses ikut larut dalam air seni karena  konsentrasinya yang terlalu tinggi dalam darah, gangguan kesehatan pada liver dapat berupa hepatitis sehingga warna kencing berwarna gelap, hal ini juga dapat menjadi tanda bahwa anda mengalami dehidrasi sehingga perlu penanganan medis lebih lanjut.
5. Kemerah-merahan : Warna merah dapat berasal dari darah yang larut dalam urine, kondisi ini dikenal sebagai hematuria, ada beberapa penyebab air seni berwarna merah seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal, kanker kandung kemih, atau kanker prostat. Namun warna merah air kencing juga bisa berasal dari makanan dan zat tertentu yang tertelan sehingga tubuh anda bereaksi membuangnya melalui urin jika perubahan warna bukan karena  makanan dan itu terjadi lebih dari sekali sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan anda kepada dokter.
6. Biru: Ada sebuah kondisi langka yang disebut porphyria yang menyebabkan urine berwarna biru atau ungu, namun urine biru juga diakibatkan karena konsumsi makanan dan obat-obatan yang mengandung pewarna tertentu.
7. Putih susu : Urine berwarna putih dapat menandakan adanya darah mikroskopis, hal ini juga dapat disebabkan oleh infeksi saluran, infeksi kandung kemih, atau batu ginjal. beberapa penyakit menular seksual seperti gonorrhea ditandai oleh gejala tersebut
8. Hitam : Mungkin dikarenakan bahan kimia dan masalah kesehatan, untuk keterangan lebih jelas Anda harus memeriksakan diri kepada dokter.
9. Kuning berbusa : Urine kuning berbusa dapat dikatakan normal karena disebabkan oleh fleksibilitas protein, namun bila terus berlanjut membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, karena dapat disebabkan oleh gangguan yang terjadi di ginjal atau kantung empedu.

Sekian penjelasan warna air seni terkait kondisi kesehatan seseorang pastikan anda selalu meminum air putih yang cukup serta menghindari makanan minuman serta obat-obatan berbahaya sehingga tidak terkena penyakit gangguan kesehatan di kemudian hari. Terima kasih sudah mengikuti episode Informasibermanfaat123 kali ini, jangan lupa like, share, comment dan subscribe untuk mendapatkan informasi terupdate lainnya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Comments

Postingan populer

Cara merontokan karang gigi dan memutihkan gigi secara alami

cara menghilangkan komedo dengan cepat secara alami

Cara alami untuk mendapatkan kulit wajah glowing

Manfaat kayu manis dan madu untuk menghilangkan lemak tubuh